BREAKING NEWS

recentpost

Geddheng, Orang Madura Menyebutnya, Salah Satu Potensi Desa yang Berlimpah


Buah Pisang atau dalam bahasa Madura geddheng banyak tumbuh di pinggir-pinggir sawah maupun di sekitar pekarangan rumah warga Desa Banyoneng Dajah. Pisang yang tumbuhnya bersifat musiman ini biasa dijual warga ke pasar tanpa diolah sebelumnya.

Menurut keterangan dari warga desa pisang-pisang tersebut bisa dijual baik dalam keadaan matang atupun masih mentah, salah satunya  adalah pisang kepok.  Pisang kapok atau geddheng binuro dalam bahasa Madura ini banyak ditemui. Pisang kapok adalah salah satu kultivar pisang dari kelompok kultivar ABB. Pisang ini termasuk kelompok pisang olah (plantain) karena tinggi kandungan patinya (Wikipedia.org).

Pisang kepok ini memiliki bentuk buah yang tidak terlalu panjang namun daging buahnya besar dan gempal. Rasa dari pisang kepok ini lebih manis dibandingkan pisang yang lainnya sehingga banyak disukai oleh warga. Biasanya saat musim pisang, warga Desa Bnyoneng Dajah menjualnya ke pasar tradisional.
Geddheng, Orang Madura Menyebutnya, Salah Satu Potensi Desa yang Berlimpah Reviewed by Moh. Adi Purnomo on Agustus 10, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Copyright © Banyuning Daya All rights reserved.
Powered By Blogger | Enhanced and Modified by Moh. Adi Purnomo and Endah Puji Astutik

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.