BREAKING NEWS

recentpost

Merintis Produk Unggulan, KUB Banyoneng Makmur Adakan Pelatihan Pengolahan


Produk unggulan yang kini tengah dirintis oleh kelompok Usaha Banyoneng Makmur adalah kripik dan Selai Pisang. Pisang menjadi pilihan utama, karena Desa Banyoneng Dajah memiliki potensi buah pisang yang menurut hasil survey belum termanfaatkan secara optimal selain dijual dalam keadaan matang dan distribusinya hanya antar desa dan pasar tradisional. Meski buah pisang tidak selalu ada atau bersifat musiman tapi buah ini cukup mudah dicari sebagai bahan pokok dalam menjalankan usaha kripik dan selai pisang ini. Perangkat memasak yang harus ada dalam mengolah pisang hingga menjadi produk tidak susah dicari, jadi ini menjadi peluang yang cukup baik untuk usaha. Pelatihan pembuatan kripik dan selai pisang (30/7/217) siang kemarin menjadi tahap awal dalam merintis usaha home industri tersebut.
Pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo diharapakan mampu memberikan bekal manfaat dalam membantu para ibu-ibu khususnya yang tergabung dalam kelompok Usaha Banyoneng Makmur. Pelatihan berlangsung selama 3 jam diikuti oleh 16 orang warga. Dalam acara pelatihan tersebut memuat cara memilih pisang yang baik sebagai bahan pokok, kemudian masuk dalam teknis baik cara mengupas, penggorengan dan peracikan bumbu rasa hingga pengemasan berhasil dilakukan begitu juga dengan pembuatan selai pisang yang dilakukan secara bertahap mulai dari tahap pemilihan pisang hingga masuk tahap teknis seperti blessing, blending, hingga proses pemasakan dan pengemasan. Salah satu pertanyaan diajukan oleh ibu Zubaidah terkait penggorengan keripik,

“Penggorengan keripik pisang ini tidak boleh sering di balik-balik karena saat panas maka teksturnya akan semakin lunak sehingga mewaspadai bentuk pisang akan rusak, cukup dibiarkan kurang lebih selama 15 menit kemudian dibalik jika memang dirasa cukup kering”  Jelas Henny Kartika Mulya Utami, mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang mengisi acara pelatihan sore itu.
Acara pelatihan diakhiri dengan foto bersama sebagai wujud kekompakan ibu-ibu dalam memulai usaha bersama. Selain itu juga adanya hibah peralatan usaha dari mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura untuk Kelompok Usaha Banyoneng Makmur sebagai bentuk peduli mahasiswa turut terjun secara langsung dalam membantu masyarakat.
Merintis Produk Unggulan, KUB Banyoneng Makmur Adakan Pelatihan Pengolahan Reviewed by Moh. Adi Purnomo on Agustus 06, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Copyright © Banyuning Daya All rights reserved.
Powered By Blogger | Enhanced and Modified by Moh. Adi Purnomo and Endah Puji Astutik

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.