BREAKING NEWS

recentpost

Kripik dan Selai Pisang Banyoneng, Produk Unggulan yang Mulai Dirintis


Bangkalan - Pisang merupakan salah satu komoditi pertanian yang cukup mumpuni untuk dijadikan salah satu icon terbaik di desa Banyoneng Dajah. Pisang sesungguhnya memiliki nilai jual yang cukup, namun jika diolah dengan beberapa inovasi dan juga dengan mengikuti perkembangan zaman maka nilai jualnya akan semakin melambung. Banyak cara untuk mengolah pisang menjadi produk-produk bernilai jual tinggi, dua diantaranya adalah kripik dan selai. Kripik dan selai telah sering dijumpai oleh masyarakat, namun membludaknya permintaan kripik dan selai menjadikan produk ini tetap dapat bersaing di dunia bisnis.

Kripik dan selai dibuat dengan pisang yang berbeda. Kripik dengan pisang mentah dan selai dibuat dengan pisang matang. Pembuatan kripik pisang sangat mudah, awalnya pisang dikupas kemudian diiris tipis dengan ketebalan yang sama (untuk memudahkan baiknya menggunakan alat pasak). Tak lupa setiap selesai mengupas ataupun mengiris,pisang harus direndam dalam air agar tidak terjadi reaksi browning. Selanjutnya pisang digoreng dengan api kecil hingga warnanya keemasan dan sebelum kripik matang disiramkan air garam atau bisa juga ditambahkan bawang putih untuk menciptakan flavour dan cita rasa. Kemudian kripik didiamkan sejenak hingga dingin, dan untuk menambah kenikamatan rasa dapat ditambahkan bubuk coklat, balado, ataupun keju.

Sedangkan selai pisang perlu ada perlakuan khusus sebelum mengolahnya yaitu dengan melakukan blanshing pada buah pisang terkupas sebelum dihancurkan (blander). Setelah melakukan blanshing,  pisang dihancurkan dengan blander dan ditambahkan dengan sedikit air. kemudian memanaskan bubur pisang dengan menambahkan 8 sendok makan gula pasir. Adonan diaduk diatas wajan berapi kecil hingga mengental. Sebelum menjadi selai adonan ditambahakan dengan pewarna makanan dengan ketentuan yang terdapat di label kemasan.

Berdasarkan cara pembuatannya kripik dan selai memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena cara pengerjaannya mudah, tidak memerlukan keterampilan khusus, dan bahan bakunya murah dan mudah didapat di desa ini. Oleh karena itu inilah yang menjadikan KUB Banyoneng Makmur memilih produk ini sebagai produk perdananya.

Kripik dan Selai Pisang Banyoneng, Produk Unggulan yang Mulai Dirintis Reviewed by Moh. Adi Purnomo on Agustus 07, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Copyright © Banyuning Daya All rights reserved.
Powered By Blogger | Enhanced and Modified by Moh. Adi Purnomo and Endah Puji Astutik

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.