BREAKING NEWS

recentpost

Sosial Budaya

SENI BUDAYA DAN TRADISI MASYARAKAT DESA BANYONENG DAJAH

SANDUR


Sandur menjadi seni tradisi yang harus ada dalam setiap hajatan Remoh yang dilakukan oleh masyarakat Banyoneng Dajah Bangkalan Madura. Uniknya, seni tradisi ini ditampilkan oleh penari laki yang berpenampilan wanita. Tentunya ada aturan-aturan tersendiri yang berlaku bagi penari, anggota Remoh maupun masyarakat umum yang menonton termasuk sesaji yang harus dipenuhi. Pertunjukan seni tradisi Sandur ditampilkan semalam suntuk dan sangat meriah menjelang dini hari hingga pagi hari.


SEDEKAH BUMI


Adalah upacara yang dilaksanakan oleh petani pada saat akan turun menggarap sawahnya. biasanya dilakukan pada awal musim hujan. Prosesi upacara ini biasanya dimulai dari berkumpulnya masyarakat disuatu tempat dilkukan doa bersama dan setalah itu dilaksanakan upacara adat.

REBANA

Bentuknya bundar dan memiliki selaput di salah satu sisinya, selaput itu bisa berupa kulit binatang atau plastik  mengkilap yang disebut hologram. Bunyi tamborin dengan selaput hologram lebih nyaring dari pada yang terbuat dari kulit binatang atau plastik transparan. Pada sisi keras tempat kita memegang tamborin terdapat 1 atau 2 gemerincing berwarna perak seperti warna sendok dan garpu. Ukuran tamborin bermacam-macam, ada yang disebut tamborin anak-anak dan tamborin dewasa. Bedanya dari diameter dan beratnya tentunya. Namun pembuatannya sama.Rebana biasa dimainkan dalam acara – acara islami. Salah  satu grup rebana yang ada di desa Banyoneng Dajah di pimpin langsung oleh Istri Kepala Desa

Sosial Budaya Reviewed by Unknown on Agustus 12, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Copyright © Banyuning Daya All rights reserved.
Powered By Blogger | Enhanced and Modified by Moh. Adi Purnomo and Endah Puji Astutik

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.